Kenapa Lampu Indikator Pada Genset Menyala?

Kenapa Lampu Indikator Pada Genset Menyala?

Ketika lampu indikator kelebihan beban pada genset menyala, itu menandakan bahwa genset Anda mungkin sedang mengalami beban yang melebihi kapasitasnya. Namun tidak hanya itu, Hal ini bisa disebabkan pula oleh beberapa faktor seperti:

  1. Low Oil Pressure (Tekanan Minyak Rendah)
    Jika mesin genset mendeteksi tekanan minyak yang rendah, lampu indikator tekanan minyak dapat menyala. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran minyak, level minyak yang rendah, atau masalah dengan pompa oli.
  2. High Coolant Temperature (Suhu Pendinginan Tinggi)
    Jika suhu pendinginan mesin genset melebihi batas yang ditentukan, lampu indikator suhu tinggi akan menyala. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya cairan pendingin, masalah pada kipas pendingin, atau termostat yang tidak berfungsi dengan baik.
  3. Low Fuel Level (Level Bahan Bakar Rendah)
    Jika level bahan bakar genset turun di bawah batas yang aman, lampu indikator level bahan bakar rendah akan menyala.
  4. Battery Charging Fault (Kesalahan Pengisian Baterai)
    Genset biasanya memiliki sistem pengisian baterai. Jika ada masalah dengan sistem pengisian, seperti alternator yang rusak, lampu indikator pengisian baterai mungkin akan menyala.
  5. Faulty Sensor atau Sistem Elektronik
    Gangguan pada sensor tekanan minyak, sensor suhu, atau sistem kontrol mesin lainnya dapat menyebabkan lampu indikator menyala.
  6. Overload atau Fault in the Generator (Beban Berlebih atau Kesalahan pada Generator)
    Jika genset mengalami beban berlebih atau ada kesalahan dalam sistem generator, lampu indikator kesalahan generator atau overload bisa menyala.
  7. Maintenance Reminder (Pengingat Pemeliharaan)
    Beberapa genset memiliki lampu indikator untuk mengingatkan pemilik atau operator tentang jadwal pemeliharaan rutin yang perlu dilakukan.
  8. Emergency Shutdown (Matikan Darurat)
    Pada kondisi tertentu, genset dapat mengalami situasi darurat yang menyebabkan sistem melakukan shutdown otomatis, dan lampu indikator darurat dapat menyala.

Ketika lampu indikator menyala, sangat penting untuk segera mengevaluasi penyebabnya. Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan lampu indikator menyala, disarankan untuk memeriksa buku manual penggunaan genset atau mendapatkan bantuan dari teknisi atau ahli listrik untuk mendiagnosa dan memperbaiki masalahnya.

LONCIN hadir untuk membantu kesulitan anda dalam urusan Back Up listrik, ketika Genset LONCIN Anda bermasalah, LONCIN menghadirkan teknisi handal yang selalu siap sedia dapat memberikan perbaikkan untuk genset Anda dengan ketersediaan  sparepart yang super lengkap dan 100% orisinil.

Segera kunjungi website kami di orient.co.id dan hubungi nomor 081291266955 untuk dapat mengkonsultasikan keperluan Back Up listrik Anda. Dari semua pemaparan di atas, semoga artikel ini membantu dalam memberikan informasi alat teknik anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Artikel populer