Blog

23 November 2018

Cara Merawat Genset Yang Baik Dan Benar

Genset adalah sebuah alat yang mengubah energi mekanik (gerak) menjadi energi listrik (arus tegangan). Biasanya generator. Genset atau yang merupakan singkatan dari Generator Set ini adalah sebuah Perangkat yang mampu menghasilkan Daya Listrik. Genset ini merupakan seperangkat atau gabungan antara Generator atau Alternator dan Engine yang dapat digunakan sebagai Alat Pembangkit Listrik. Tentu saja seperti alat lainnya yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap berjalan dengan Optimal. Dengan perawatan yang tepat, maka Genset pun dapat bekerja secara efektif dan Awet. Berikut kami berikan beberapa Tips Cara Perawatan Genset yang tepat.

1. Letakkan Genset pada tempat yang kering

Agar generator set yang anda miliki tidak mudah rusak maka letakan genset pada tempat yang kering, karena apa bila mesin genset ini diletakan terjangkau dari air dan terik matahari dapat membuat genset cepat rusak bahkan mendatangkan sengatan listrik.

2. Perhatikan Kabel kabel instrument.

Rawatlah kabel genset agar kabel genset tidak rusak dan sobek untuk meminimalisirkan dari sengatan setrum dan agar genset tetap bisa bekerja secara oprimal

3. Jaga kebersihan Genset

Bersihkan debu, kotoran, minyak, dan air yang menempel pada genset, terutama dibagian radiator genset agar genset tetap bekerja secara optimal dan tidak mudah rusak

4. Cek Oli Mesin Genset secara berkala.

Gantilah oli mesin genset setiap 6 bulan sekali atau apabila oli mesin genset sudah mulai hitam/ keruh. Lakukan pemeriksaan secara berkala.

5. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik.

Pastikan ada sirkulasi udara yang baik jika genset Anda diletakan di dalam ruangan, dengan adanya sirkulasi udara yang baik dapat membuat pengguna aman dari racun pembuangan asap kenalpot dan membuat mesin genset tidak mudah panas.

6. Ganti Spare part Genset yang sudah Aus termakan Usia

Gantilah sparepart jika genset  sudah tidak bisa bekerja secara optimal sebelum komponen genset lainnya ikut rusak karena dapat membuat genset mati secara keseluruhan jika tidak segera diatasi. Bacalah buku panduan untuk mengetahui komponen-komponen apa saja dan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti bagian tersebut.

7. Pastikan pengoperasian Genset dengan benar.

Bacalah buku panduan penggunaan genset terlebuh dahulu sebelum user mengoperasikan mesin genset atau konsultasi kepada penjual genset tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada genset.

8. Nyalakan Genset secara berkala meskipun tidak sedang digunakan.

Panaskan atau nyalakan genset paling tidak 5 sampai 10 menit setiap 3 hari sekali apabila sedang tidak digunakan, hal ini dilakukan untuk sirkulasi

9. Perhatikan Kabel kabel instrument.

Rawatlah kabel genset agar kabel genset tidak rusak dan sobek untuk meminimalisirkan dari sengatan setrum dan agar genset tetap bisa bekerja secara oprimal

10. Segera matikan jika terjadi hal yang mengganjal.

Jika terjadi sesuatu yang tidak wajar pada saat pengoperasian genset seperti suara yang terlalu keras dari biasanya atau getaran yang terlalu kuat, maka segera matikan genset dan cek ulang kondisi genset dalam keadaan mati.

11. Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery

Isi ulang distilled pada baterai dalam kurun waktu tertentu, biasanya 2 hingga 3 tahun agar genset tetap bekerja secara optimal

Itulah tips merawat generator set yang baik dan benar ala teknikmart. Semoga dapat bermanfaat bagi penggunaan generator set di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart
WhatsApp Please Chat With Us For More Info About Orient