Blog

23 November 2018

Perbedaan Genset Open dan Genset Silent

Genset (generator set) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Saat ini ada 2 jenis mesin genset yang ada dipasaran, yaitu genset open dan genset silent. Alat seperti ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik cadangan jika pasokan listrik yang ada sedang mengalami gangguan, atau dijadikan sebagai sumber listrik ketika tidak ada pasokan listrik (seperti saat camping, dll). Berikut ini adalah penjelasan mengenai genset open dan genset silent

Genset open

Genset open atau yang lebih dikenal dengan genset tipe terbuka adalah sebuah genset yang umumnya digunakan oleh para pengguna. Umumnya genset seperti ini memiliki beberapa macam tipe, terutama untuk kapasitas listrik yang dibuatnya. Disebut sebagai genset terbuka karena genset ini tidak dilengkapi oleh box ( rumah genset / canopy ), Karena genset open tidak memiliki box, genset ini umumnya digunakan untuk pengguna yang mempunyai power house sendiri dan dirancang khusus untuk penempatan genset di dalam ruang/gedung yang kedap suara. Kelebihan genset open adalah kemudahan dalam perawatannya karena kondisi genset yang terbuka sehingga mudah dalam proses bongkar pasang. Genset ini didesain dalam kondisi yang siap digunakan dan sudah dilengkapi dengan panel controller yang mudah dipahami, tangki solar yang gampang dipasang dan knalpot yang sudah terpasang langsung pada bagian mesin.

Genset silent

Sedikit berbeda dengan genset open, genset silent biasanya diproduksi secara lengkap dengan menggunakan sebuah rumah genset (canopy), yang membuat suara mesin yang dihasilkan saat genset dinyalakan menjadi tidak terlalu berisik. Tak hanya itu, rumah genset yang dimiliki juga dapat melindungi sistem genset dari panas ataupun hujan. Canopy yang dimiliki oleh genset silent sendiri biasanya telah dilapisi oleh plat besi dan busa peredam suara. Inilah mengapa genset tersebut dikatakan sebagai genset silent yang mampu meredam suara.

Untuk proses pemeliharaan sendiri, genset silent juga tidak kalah dari genset open. Canopy genset silent sudah didesain secara khusus dengan sistem knock down yang dilengkapi pintu akses untuk membongkar bagian dalam genset demi perawatan.
Dilain sisi, jika kita berbicara mengenai harga, maka genset tipe open akan memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan genset bertipe silent. Hal ini karena suara berisik yang dihasilkan mampu diredam dengan baik oleh genset silent. Namun jika berbicara segi performa, maka keduanya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh.
Genset silent bisa ditempatkan dimana saja didalam ruangan, karena suaranya yang dapat diredam. Namun berbeda dengan genset open yang membutuhkan suatu ruangan khusus untuk dapat meredam suaranya yang lumayan berisik.

semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda untuk menentukan pilihan yang tepat dalam memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan anda  Dengan mengetahui perbedaan genset open dan genset silent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart
WhatsApp Please Chat With Us For More Info About Orient