Blog

19 November 2018

Tips Merawat Mesin Molen Beton

Mesin molen beton berfungsi untuk mengaduk adonan semen dan proyek lainnya, untuk itu mesin molen membutuhkan perawatan agar bekas adonan proyek tersebut tidak mengendap.

Lalu treatment apa yang harus dilakukan? Yuk simak tips dibawah ini.

1. Bersihkan

Jangan biarkan mesin molen di diamkan lama setelah digunakan, karena jika diendapkan terlalu lama kan membuat sisa adonan mengeras sehingga sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya setelah selesai pengerjaan, bersihkan mesin dengan air hingga sisa adukan yang melekat menghilang.

2. Keringkan

Setelah penggunaan dan sudah dibersihkan, sebaiknya mesin langsung dikeringkan hingga benar – benar kering. Hal ini dilakukan agar mesin tidak mudah mengalami karat sehingga mesin awet, keropos dan optimal saat digunakan.

3. Olesi Minyak (Oli)

Olesi minyak pelumas pada komponen – komponen mesin yang berputar seperti pada poros, gigi – gigi roda dan gigi – gigi tabung agar tidak mengalami karat dan tidak mengalami tersendat saat digunakan .

4. Simpan

Perlu di perhatikan bahwa mesin molen sebaiknya di simpan ditempat yang kering dan tidak lembab. Hindari dari hujan/air  dan sebaiknya gunakan penutup agar mesin tidak terkena air yang dapat menyebabkan karat pada mesin.

5. Check Kelengkapan Alat

Sebaiknya cek kelengkapan mesin secara berkala jika mesin sering digunakan, gantilah peralatan yang sudah mengalami aus dan kerusakan agar tidak mengganggu kinerja mesin. Ulangi hal ini secara berkala agar menjaga keoptimalan kerja mesin molen, dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan memberikan hasil produk yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cart
WhatsApp Please Chat With Us For More Info About Orient